Cara Magang di Jerman

Cara Magang di Jerman

Selagi kuliah di Jerman, kalian diperbolehkan untuk bekerja paruh-waktu hingga 120 hari dalam satu tahun atau 20 jam dalam seminggu.
Hal ini dapat menguntungkan kalian dapat uang saku lebih! Hehehe

Manfaat Magang di Jerman

  1. Menambah Uang Saku

    Ketika bekerja paruh waktu, kalian akan dibayar sekitar 450€ per bulan (mahasiswa). Tetapi jumlah ini dapat berbeda bergantung dengan lokasi dan biaya hidup di kota kalian kerja.
  1. Koneksi

    Selain mendapatkan uang saku lebih, magang selagi kuliah juga dapat memperluas koneksi kalian.
  1. Pengalaman Kerja Profesional

    Ketika bekerja paruh-waktu, kalian dapat mendapatkan pengalaman kerja profesional dan meningkatkan CV kalian! Kalian juga dapat mengalami dan belajar bagaimana cara kerja praktek di dunia kerja.

Cara menemukan lowongan magang

Kalian dapat menemukan lowongan magang secara online atau mencari di papan pengumuman kampus, maupun departemen karir kampus. Pada umumnya, akan terdapat banyak sekali iklan lowongan magang. Tapi, kalian harus bijak dalam pilihan magang kalian ya! Pastikan keinginan bidang karir kalian agar dapat memaksimalkan pengalaman kerja dan manfaat yang kalian dapatkan dari magang tersebut. Pastikan juga bahwa lowongan magang memiliki persyaratan yang kamu miliki ya!

Cara Mendaftar untuk magang
Mirip seperti kerja, kalian harus mempersiapkan berkas-berkas untuk mendaftar magang. Diantaranya,

Cover Letter (CV)

Pastikan kalian memiliki CV yang bagus dan menonjolkan kemampuan kalian! CV dapat berpengaruh besar dan merupakan hal pertama yang dilihat oleh perusahaan/ tempat kerja.

Surat Referensi Perusahaan (jika ada) / Surat Rekomendasi

Hal ini dapat meningkatkan keberhasilan kalian dalam mendapatkan magang. Perusahaan dapat lebih mengetahui diri kalian dan juga lebih percaya dengan kemampuan kalian!

Setelah itu, sesuai dengan ketentuan lowongan magang, kalian dapat menigirim lamaran kerja kalian dan menunggu balasan atau email dari perusahaan!

Pada umumnya, jika kalian mendapat balasan dari perusahaan, kalian akan di panggil untuk mendatangi interview atau wawancara kerja.
Untuk mempersiapkan diri kalian dalam wawancara, kalian dapat pikirkan jawaban untuk beberapa pertanyaan seperti:
1. Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut?
2. Apa yang kamu harapkan dari program magang?
3. Dan mengapa perusahaan perlu menerima lamaranmu?

Germanlink menyediakan layanan untuk membantu kalian dalam penerjemahan dokumen kuliah, persiapan kuliah dan juga kursus Bahasa Jerman loh!